Penyebab haid tidak teratur


      Apakah anda pernah mengalami masa haid tidak teratur.  sebulan bisa 2x mendapat haid dengan jarak waktu selang seminggu/2minggu. jika iya apa penyebabnya? apakah ditubuh kita terdapat penyakit serius?
eiit... jangan asal dulu mari perhatikan penjelasan dibawah ini :

     Pertama-tama, tentunya perlu dibedakan terlebih dahulu, apakah perdarahan yang anda alami tersebut memang benar menstruasi atau perdarahan dari vagina di luar siklus menstruasi. 
     Menstruasi normalnya hanya terjadi setiap 28-35 hari, dan berlangsung selama 2-7 hari. Perdarahan yang keluar di awal menstruasi biasanya akan cukup banyak (sampai membasahi pembalut dan bukan hanya flek saja).

Kondisi yang anda alami tersebut bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, diantaranya adalah:

  1. terdapat gangguan hormonal karena tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk, penurunan ataupun peningkatan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, stress berlebihan
  2. gangguan hormonal karena penyakit tertentu seperti PCOS, diabetes, celiac, hiper ataupun hipotiroidisme
  3. tumor tertentu yang mengganggu kondisi hormonal
  4. infeksi pada organ reproduksi
  5. tumor pada organ reproduksi
  6. efek samping obat tertentu ataupun kontrasepsi hormonal

      Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan karena kondisi tersebut jelas tidak normal (kondisi tidak normal belum tentu berbahaya, namun sudah pasti memerlukan pemeriksaan lanjutan). Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan hormon (ataupun pemeriksaan lainnya yang dianggap perlu) untuk mencari penyebab pastinya. Sebaiknya pemeriksaan tidak anda tunda-tunda karena kondisi anda, andalah yang menentukan sendiri mau sehat atau tidaknya.

Sekian informasi dari saya, semoga dapat memberikan pengetahuan baru bagi anda semua.

Posting Komentar

0 Komentar