Nyeri hebat di perut kiri bawah saat hari-hari awal menstruasi


Ketika datang hari mens pertama dan kedua suka sakit banget dibagian perut kiri bawah kira2 kenapa ya??
     Nyeri haid atau dismenore adalah nyeri atau kram di perut bagian bawah, yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Pada sebagian wanita, dismenore dapat bersifat ringan, namun pada sebagian lain, dismenore bisa berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Dismenore ditandai oleh kram di bagian bawah perut. Kondisi tersebut normal terjadi setiap bulan dan tidak perlu dikhawatirkan, karena merupakan proses yang terjadi secara alami di rahim wanita. Seiring bertambahnya usia, dismenore juga akan menghilang secara bertahap.
     Nyeri hebat di perut kiri bawah saat hari-hari awal menstruasi, bila tidak disertai adanya kelainan tertentu di organ reproduksi, seringnya bukan merupakan kondisi yang berbahaya. Nyeri ini bisa wajar terjadi dikarenakan kontraksi hebat otot rahim saat mengeluarkan darah menstruasi yang secara tidak langsung membuat sel-sel rahim kekurangan oksigen akibat pembuluh darahnya yang terjepit. Tanpa penanganan khusus, nyeri ini seringnya akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Berikut sedikit saran kami untuk Anda:
  1. Buang jauh-jauh kecemasan dan ketakutan yang berlebihan.
  2. Tenangkan hati dan pikiran Anda.
  3. Kompres hangat saat perut terasa nyeri, atau balurkan perut Anda dengan minyak penghangat.
  4. Kenakan pakaian yang nyaman saat menstruasi, jangan terlalu ketat.
  5. Perbanyak istirahat, jangan dulu lakukan aktifitas fisik berlebihan.
  6. Minum lebih banyak, makan variasi makanan bergizi yang membuat Anda rileks Berolahraga yang rajin Redakan nyeri dengan minum obat paracetamol bila perlu.
  7. Disiplin menjalani pola hidup yang sehat.
Akan tetapi, apabila langkah di atas belum berhasil meringankan nyeri menstruasi yang Anda rasakan, tidak ada salahnya Anda periksakan kembali diri Anda ke dokter atau dokter spesialis kandungan. Pada kondisi yang jarang, bisa juga, nyeri perut hebat saat menstruasi terjadi berkaitan dengan suatu penyakit, contohnya adenomiosis, endometriosis, mioma, polip rahim, radang panggul, kista ovarium, keguguran, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini tentu perlu mendapat penanganan terbaik agar tidak menyebabkan komplikasi berbahaya.

Gejala Dismenore 

Waspadai bila nyeri terjadi berlebihan selama 3 siklus menstruasi secara berurutan, keluar gumpalan darah dari vagina, atau nyeri saat berhubungan intim. Gejala tersebut dapat menjadi pertanda penyakit serius pada organ reproduksi, seperti radang panggul dan endometriosis.

Posting Komentar

0 Komentar