Penyebab pusing, mual saat haid dan darah haid berlebih

pusing mual saat haid
    Pada umumnya setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, bukan hanya siklusnya yang berbeda-beda tetapi juga memiliki warna yang berbeda-beda serta gejala-gejala awal yang berbeda-beda pula. hal ini bukanlah sebuah masalah terutama bagi wanita yang baru mengalami menstruasi.  
    Menstruasi merupakan siklus normal pada wanita yang umumnya terjadi secara rutin seiap bulan. Siklus menstruasi normalnya 21-35 hari dengan lama haid 2-7 hari dan jumlah darah haid 30-70 ml.

Darah haid yang terlalu banyak bisa disebabkan karena beberapa kondisi berikut ini:
  1. Mioma dan adenomiosis
  2. Radang panggul
  3. Endometriosis
  4. Polip
  5. Sindroma ovarium polikistik
  6. Efek samping beberapa jenis obat
  7. Efek pemakaian IUD
  8. Gangguan hormonal
  9. Gangguan tiroid
  10. Gangguan pembekuan darah
  11. Kepanasan

    Pada sebaian wanita darah haid memang cederung lebih banyak pada hari pertama dan kedua kemudian darah haid lebih sedikit pada hari selanjutnya sampai selesai haid. Hal ini cenderung wajar bila tidak disertai dengan keluhan lainnya dan volume darah haid tidak lebih dari 70 ml.

    Ketika haid, terkadang wanita juga merasakan keluhan lain seperti nyeri perut / kram perut, dan bila darah haid sangat banyak yang keluar, perlu dipikirkan mengenai kemungkinan anemia. Gejala anemia diantaranya pusing, mudah lelah, lemas, sesak nafas, dan jantung berdebar. Nyeri haid yang sangat berat ataupun kondisi anemia juga bisa menyebabkan pingsan.

    Untuk membantu mengurangi keluhan saat haid, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Istirahat cukup
  2. Lakukan olahraga teratur, tetapi hindari olahraga berat saat haid
  3. Kompres hangat pada perut yang nyeri
  4. Lakukan relaksasi
  5. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  6. Banyak minum air putih
  7. Hindari kafein, soda, atau alkohol
  8. Konsumsi pereda nyeri bila perlu
  9. Hindari stress

    Apabila dengan tips di atas Anda masih sering mengalami keluhan saat haid, saya sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kadungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi Anda bila perlu dilakukan USG maupun tes darah. Selanjutnya bila ditemukan suatu kondisi khusus, maka dokter dapat memberikan Anda penanganan yang lebih tepat ya.

Semoga bisa membantu Anda,

Posting Komentar

0 Komentar